Pemkot Jakut Bakal Bangun Dua Sodetan ke Kali Cakung Drain

By Al


nusakini.com - Jakarta - Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara akan membangun sodetan dari Kali Gendong di depan inlet Gedung Pompa Bulak Cabe dan saluran Jl Taman ke Kali Cakung Drain.

Kepala Suku Dinas SDA Jakarta Utara, Adrian Mara Maulana mengatakan, pembangunan sodetan ini sebagai upaya mengatasi genangan di kawasan RW 04 Kelurahan Cilincing, Jakarta Utara.

"Sodetan depan inlet panjangnya sekitar 40 meter dan sodetan Jl Taman sekitar 60 meter. Sodetan akan dilengkapi pintu air," katanya

Dijelaskan Adrian, pembangunan sodetan sebagai upaya mempercepat aliran air dari permukiman warga ke Kali Cakung Drain.

"Diperkirakan pengerjaan sodetan membutuhkan waktu paling lama satu bulan, " ungkapnya.

Adrian menambahkan, pihaknya juga akan melakukan peninggian turap Kali Cakung Drain dengan parapet sepanjang sekitar 300 meter untuk mengatasi luapan Kali Cakung Drain ke permukiman warga.

Selain sodetan dan parapet, menurut Adrian, pihaknya juga tengah melakukan pembangunan kolam olakan seluas 2 x 2 meter dengan dengan kedalaman empat meter di lahan milik Dinas Kehutanan dan Pertamanan, tidak jauh dari Rumah Pompa Bulak Cabe.

"Olakan akan difungsikan menampung air dari saluran permukiman warga sebelum dipompa ke Kali Cakung Drain.

Harapan kita pembangunan sodetan dan olakan ini bisa mengatasi genangan di permukiman warga RW 04 Cilincing," tandasnya.